OLAH RAGA, MUSIK, DAN KEUTUHAN MANUSIA

Olahraga, seni, dan hal-hal yang sering kita anggap sebagai aktivitas-aktivitas yeng bernilai biasa saja dalam kehidupan sehari-hari. Yang sering sekali dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan sekunder sebenarnya bisa digunakan dan dilakukan dalam konteks pemenuhan keutuhan manusia. Konteks pengintegrasian antara body,mind, and spirit.

Integrasi antara body, mind, and spirit merupakan cita-cita tiap anasir di dunia. Integrasi antara ketiga hal ini menunjukkan simbol manusia seutuhnya. Sebaliknya disintegrasi antara ketiganya membuat manusia tidak bisa menjadi manusia seutuhnya. Pemenuhan ketiga hal tersebut pada hakikatnya bisa dipenuhi dengan aktivitas-aktivitas yang menjadi kunci dari masing-masing unsur tersebut.

Selain aktivitas-aktivitas tersebut dapat menjadi kunci bagi masing-masing unsur pembuka gembok pembatasan pemenuhan manusia seutuhnya, aktivitas-aktivitas tersebut dapat juga menjadi kunci paralel membuka sebagian besar gerbang terkunci dari pemenuhan keutuhan manusia.

Olahraga misalnya dapat membuat kebutuhan pemenuhan fisik manusia terpenuhi. Manusia dapat belajar hidup sehat dengan berolahraga. Karena olahraga bukan hanya sekedar mengolah raga kita dengan berbagai macam gerakan untuk mencapai fisik yang sehat. Namun juga tekhnik mengolah raga ini sebenarnya juga mengajarkan pola hidup sehat dengan menjaga kebersihan tubuh, baik dari sisi luar maupun sisi dalam.

Jika ditilik dari sisi luar maka tekhnik olah raga mengajarkan kita cara menjaga diri kita dari serangan penyakit yang berasal dari luar tubuh manusia. Misalnya, menjaga kebersihan kuku, rambut, serta bagian tubuh yang lain merupakan pemaknaan dari pencegahan penyakit yang beresiko untuk muncul.

Sebaliknya jika ditilik dari sisi dalam tubuh maka dengan berolahraga membuat tubuh lebih aktif sehingga semua proses pencegahan serta pengeluaran penyakit dari dalam tubuh bisa berlangsung. Dengan olah raga proses sekresi dalam tubuh menjadi lebih lancar. Keluarnya keringat serta veses dengan proses olahraga yang benar dipastikan bisa membuat konsep kebutuhan manusia akan fisik yang sehat dapat terpenuhi.

Selain olahraga, musik juga dapat membuat manusia mencapai terpenuhinya kebutuhan akan kesehatan pikiran dan jiwa. Selain itu music juga dapat menjadi terapi yang bisa digunakan dalam proses pencapai healthy mind.

Keutuhan jiwa mungkin merupakan unsur yang paling sulit untuk dapat di penuhi karena subjektifitas tiap orang dalam memenuhi unsur tersebut. Namun jika kita telaah lebih lanjut lagi kegiatan mengolah raga serta rasa dalam bermusik sebenarnya dapat memenuhi unsur jiwa atau spirit ini. Ketika seseorang berfokus pada aktivitas ini maka orang tersebut seakan-akan mendapatkan pemuasan sendiri. Contoh konkrit yang dapat kita lihat adalah yoga.

Yoga sebagai bentuk kegiatan meng-olah raga awalnya merupakan aktivitas fisik sebagai bentuk reflektif terhadap penghormatan akan fisik manusia. Bahkan sebagian besar bentuk tubuh yang berada pada yoga mempunyai makna sendiri sehingga ketika kita melakukan itu ada sedikit “kontraksi” antara fisik dengan jiwa. Sehingga pelaksana tindakan gerak yoga mempunyai kepuasan dalam jiwa namun bukan itu saja, kesehatan fisik yang di dambakan pun dapat tercapai.

Selain Yoga, musik juga dapat menjadi salah satu alternatif yang digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan mind dan spirit. Beberapa aliran music bahkan menunjukkan eksistensi sebagai aliran music yang dapat memberikan ketenangan jiwa. Aliran music new age merupakan salah satu contoh aliran music yang bisa membuat penggemarnya seakan-akan mendapatkan kepuasan jiwa. Kitaro juga merupakan salah satu pemusik instrumental yang cukup dikenal di aliran music instrumentalis.

Alternative yang muncul belakangan ini bahkan menjadi gebrakan. Penggunaan music dan yoga menjadi 1 kegiatan merupakan pencapaian yang luar biasa dalam bidang spiritualitas. Di kaum gipsi juga menggunakan aktivitas menari dengan diirngi music sehingga membuat mereka seakan-akan mendapatkan pencerahan untuk menjalankan tugas kehidupan.

Pencapaian pemenuhan spiritual dengan melakukan ibadah juga bisa memberikan dampak pada kesehatan fisik, hal ini bahkan sudah dibuktikan dengan berbagai penelitian. Pada agama islam tindakan sholat dan setiap gerakan nya memberikan pengaruh secara langsung pada kesehatan.

Ketiga aspek keutuhan manusia ini saling berkaitan satu dengan yang lain, pemenuhan keutuhan ini juga bahkan saling berkaitan satu dengan yang lain.

Keterkaitan semuanya itu seakan-akan di atur oleh alam sehingga keselarasan pun dapat tercapai, tinggal manusia yang berada di bumi saja untuk dapat menyesuaikan diri dengan alam atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s